Berhentii..!! Sebelum kalian beranjak dari blog ini,, bagaimana kalau kalian meluangkan waktu sedikit untuk membacanya?? Karena sesaat lagi,, aku akan membahas mengenai company secretary.. Karena itu bagian kalian yang membutuhkan,, silakan dibacaa.. Dan langsung saja ya kita mulai..
Saat kita mendengar kata company secretary,, kebanyakkan dari kita pasti tidak mengerti apa maksudnya.. Tapi,, apabila kita menyebut sekretaris perusahaan,, maka kebanyakkan dari kita pasti mengerti.. Lalu,, setelah kalian mengerti kata tersebut,, pernahkah kalian tahu apa fungsi sekretaris perusahaan?? Dan menurut kalian sekretaris perusahaan penting atau tidak?? Bagi kalian yang masih bingung dengan jawabannya,, langsung saja simak pembahasan dibawah ini ya..
Saat kita mendengar kata company secretary,, kebanyakkan dari kita pasti tidak mengerti apa maksudnya.. Tapi,, apabila kita menyebut sekretaris perusahaan,, maka kebanyakkan dari kita pasti mengerti.. Lalu,, setelah kalian mengerti kata tersebut,, pernahkah kalian tahu apa fungsi sekretaris perusahaan?? Dan menurut kalian sekretaris perusahaan penting atau tidak?? Bagi kalian yang masih bingung dengan jawabannya,, langsung saja simak pembahasan dibawah ini ya..
Salah satu tugas utama dari sekretaris perusahaan ialah berperan sebagai juru bicara kepada publik dalam rangka menciptakan goodwill dan sebagai penasehat bagi pihak eksekutif dalam rangka memahami strategi perusahaan dan pengembalian keputusan dalam perusahaan..
Agar hubungan pengguna wewenang (exercise of power) dan pemangku kepentingan (stakeholders) dapat berjalan dengan baik bagi kepentingan perusahaan dan agar prosesnya dapat berjalan dengan lancar,, maka dibutuhkan sebuah saluran komunikasi yang terpercaya yang mana itu artinya adalah sekretaris perusahaan (company secretary).. Dalam kasus ini,, sekretaris perusahaan memiliki peranan yang besar karena ia harus mengambil keputusan terbaik bagi perusahaan dan melakukan fungsi komunikasi dalam rangka membangun goodwill perusahaan..
Ada 4 tugas utama dari seorang sekretaris komputer atau company secretary,, yaitu:
1. Office of The Board
· Memastikan ketersediaan informasi dalam pengambilan keputusan oleh Dewan Komisaris dan Dewan Direksi..
· Memastikan kehadiran peserta rapat..
2. Compliance
· Menyampaikan semua kebijakkan dan peraturan perusahaan terhadap seluruh staff perusahaan..
3. Investor Relations
· Memastikan informasi diterima oleh Dewan Direksi dan Dewan Komisaris tepat waktu..
· Menjalin Komunikasi yang baik dengan seluruh pemegang saham..
Dan salah satu bentuk praktek investor relations adalah dengan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan mempersiapkan laporan tahunan.. Meskipun pelaksanaan RUPS dan Laporan Tahunan secara legal adalah tanggung jawab Direksi,, tapi sebagai kepanjangan fungsi dari Direksi,, maka sekretaris perusahaan bertugas menyiapkan operasional pelaksanaan RUPS agar dapat berlangsung dengan baik dan menghasilkan keputusan yang diperlukan oleh perusahaan.. Karena kualitas informasi menjadi tanggung jawab perusahaan terhadap para pemegang saham yang mana dalam hal ini sekretaris perusahaan perlu membangun komunikasi yang baik dengan komunitas pasar modal khususnya para analis karena ulasan analis yang didasarkan pengungkapan informasi yang layak merupakan salah satu akses investor terhadap informasi yang juga berpengaruh pada pengambilan keputusan investasi..
4. Coorporate Communications
· Membantu pelaksanaan program perusahaan..
· Membangun citra positif perusahaan..
Na,, setelah membaca ulasan diatas,, sekarang kita jadi lebih tahu kan bagaimana sebenarnya kerja atau fungsi para sekretaris perusahaan.. Dan ternyata selain penting,, merekapun mengemban tugas yang berat.. Oleh karena itu,, sekretaris perusahaan harus menjaga konsistensi pesan dan citra yang ingin disampaikan serta menjaga agar informasi yang disampaikan tidak melanggar hukum..
Sumber:
Pak Wijaya Kusuma S.
http://corporate-secretary.blogspot.com/http://kapita-fikom-915080061.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar